Rabu, 01 Februari 2012

Secuil Rahasia dari Microsoft

Temen-temen semua pasti sudah familiar banget sama yang namanya Microsoft. Nah kali ini saya ingin share sedikit tentang rahasia mereka. Saya juga boleh nemu disini. Cekidot....    

  

 
  1. Di India seseorang menemukan kenehan pada seluruh System Operasi buatan Microsoft (NT, XP, Win 95, 96, 97, 98, Win ME, Win XP, mungkin Vista sekalipun). Caranya buat Folder dan beri nama Folder tersebut dengan nama CON. Lalu apa hasilnya?? Aneh Bukan??
  2. Bukalah Notepad, lalu ketik Bush hid the facts kemudian simpan file tersebut dengan nama apa saja (terserah agan). Lalu bukalah kembali file tersebut. Apa yang agan lihat ??? Keren atau Aneh ?
  3. Ini yang lebih parah bahkan seluruh team Bill Gates (bosnya Microsoft) tidak ada yang mengetahuinya bahkan Bill Gates sekalipun. Sumber lain mengatakan ini adalah rahasia Bill Gates sendiri dalam mencintai produknya. Caranya, bukalah program Microsoft Word apa saja (Word 97, XP, 2000, 2003 atau 2007). Ketik =rand (200, 99) kemudian tekan enter. WOW ....???

Penasaran kenapa bisa begitu?? Ini jawabannya...
  1. CON adalah salah satu reserved words di Windows yang ga boleh dipake. Sama hal-nya dengan NUL, COM1-COM9, LPT1-LPT9. Ini juga berlaku di Linux, dimana hardware resource direpresentasikan layaknya suatu file. Misalnya: /dev/tty, /dev/null dsb. Tapi kita tetep bisa kok bikin folder CON, caranya:
        - buka command prompt
        - ketik "mkdir \\.\c:\con"
        - akses direktori "dir \\.\c:\con"
        - hapus direktori "rmdir \\.\c:\con"
  2. Saat kalimat "bush hid the facts" disimpan ke sebuah file, notepad menyimpan tanpa masalah. Bisa dibuktikan dengan membuka file tersebut dengan editor lain, misalnya WordPad. Masalah baru muncul waktu file tersebut dibuka oleh Notepad itu sendiri. Sebelum membuka file itu, Notepad berusaha ngedeteksi encoding yang digunakan. Ternyata algoritma deteksi ini keliru jika file yang dimaksud mengandung kalimat dengan pola 4-3-3-5 karakter sehingga membentuk kode ASCII tertentu. Akibatnya file yang disimpan dalam encoding ANSI tersebut malah dibuka dalam encoding UTF-16.
  3. Sama seperti kalau kita membuat suatu program, lumrah kalo pengembang software 'menyisipkan' hal-hal yang menarik di software buatannya. Hal-hal ini disembunyikan dan dapat diakses dengan cara-cara/trik-trik tertentu. Ini disebut "easter egg". Trik di Ms. Word itu tadi adalah salah satu easter egg.

Posting Baru Posting Lama Beranda

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes